Kamis, 26 September 2013

Langkah-langkah Memulai Usaha

Langkah-langkah Memulai Usaha

Kesuksesan dalam sebuah usaha tidak datang begitu saja, juga kesuksesan pada sebuah usaha dalam bidang peternakan, membutuhkan proses yag sangat panjang. Jangan mengharapkan sebuah kesuksesan dapat diraih dengan cara-cara instant, memang tidak ada larangan, namun pengalaman Saudara-saudara kita yang memulai usaha dan langsung meraih sukses pada akhirnya tidak dapat melanjutkan kesuksesannya dan berbuah pada kebangkrutan. Mengapa ini terjadi? Jawabannya bisa sederhana dan bisa juga komplek, yang jelas untuk terjun didunia usahaternak perlu sebuah perencanaan usahaternak yang matang, didukung oleh kesiapan mental.

Perencanaan usaha sangat bermanfaat untuk memprediksi tingkat kelayakan usaha atas dasar asumsi-asumsi tertentu yang digunakan sebagai patokan dalam membuat rencana usaha tersebut, tidak hanya itu rencana usaha memiliki fungsi sebagai guidance pada tahap pelaksanaan usaha, dan instrument kegiatan evaluasi dan monitoring (monev) untuk usaha yang telah berjalan. Tujuan usaha secara komersil adalah untuk mencari keuntungan, berbagai kegiatan selayaknya difokuskan untuk meraih keuntungan tersebut, di sini sangat membutuhkan kedisiplinan, kerja keras dengan motivasi tinggi, keuletan, serta tidak pantang menyerah. Dalam menjalankan usaha walaupun dengan mental tersebut terkadang keuntungan sebagai tujuan utama usaha tidak tercapai bahkan mengalami kerugian, apalagi tidak didukung dengan mentalitas seperti yang diuraikan di atas. Kesiapan mental di sini juga dimaksudkan kesiapan mental untuk menyikapi kesuksesan, maupun kegagalan yang diraih. Tentunya Saudara sepakat bahwa dalam kegiatan usahaternak perlu dukungan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship) dari pelaku usaha, tidak pun tidak masalah, karena jiwa kewirausahaan sebagian merupakan bakat, dan sebagian lagi dapat diperoleh dari pendidikan dan pengalaman, terutama pengalam pada saat memulai dan menjalankan usaha sendiri, begitu juga dengan pengalaman dari orang lain. Artinya bahwa memulai usaha harus dibarengi dengan peningkatan jiwa kewirausahaan itu sendiri. Mulailah usaha dengan penuh perhitungan yang logis, jangan hanya mengandalkan intuisi bisnis semata, tempuhlah lagkah-langkah memulai usaha.

Langkah Pertama

MENGGALI IDE USAHA

Banyak kasus orang yang kebingungan saat berkiinginan terjun dalam dunia usaha. Kebingungan ini timbul karena mereka tidak memiliki informasi yang cukup memadiai untuk memulai usaha. Keterbatasan informasi ini seringkali menjadi faktor penghambat timbulnya gagasan/ ide untuk memulai usaha.  

Langkah pertama dalam memulai usaha adalah mencari ide tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan usaha, untuk usaha baru ide ini setidaknya harus sampai pada keputusan memilih jenis, dan skala usaha yang akan didirkan. Tahapan apa saja untuk memperoleh ide usaha tersebut?
  • Mengidentifikasi dan menggali ide inovatif, peluang usaha, dan metode/ cara memanfaatkan peluang yang ada.
  • Memilih salah satu ide usaha yang memiliki prospek lebih baik diantara ide-ideu usaha yang berhasil diidentifikasi

Tahap a. Mengidentifikasi dan menggali ide inovatif, peluang usaha, dan metode/ cara memanfaatkan peluang yang ada

Mengidentifikasi dan menggali ide inovatif merupakan sebuah proses untuk menciptakan sesutu yang belum ada menjadi ada, dan atau menciptakan sesuatu yang berbeda dengan yang lain. Sejalan dengan itu, maka ide inovatif di sini adalah menciptakan usaha yang belum dilakukan orang lain, dan atau menciptakan usaha yang berbeda dari orang lain. Menciptakan usaha baru bukanlah pekerjaan yang gampang, namun bukan tidak mungkin dapat menciptakan usaha baru, kalau itu sulit dilakukan, Saudara dapat membuat usaha seperti yang telah ada/ berkembang saat ini, namun diusahakan usaha yang Saudara ciptakan memiliki perbedaan dari usaha-usaha yang telah ada, jadi usaha baru yang diciptakan memiliki keunikan tersendiri.

Mengidentifikasi dan menggali peluang usaha sebagai rangkaian proses untuk menemukan peluang yang lebih menguntungkan bagi Saudara. Proses ini mensyaratkan Saudara untuk mencari informasi yang lebih banyak tetntang usaha yang bersangkutan, karenanya perlu banyak membaca, dan berdiskusi dengan orang-orang yang kompeten di bidangnya, serta selalu mengamati perkembangan usaha sejenis yang telah dilakukan oleh orang lain, bahkan harus mengikuti perkembangan fenomena pasar, dan fakta supply-demand komoditi di pasaran.

Mengidentifikasi dan menggali metode atau cara dalam memanfaatkan peluang merupakan tahap yang mutlak harus dilakukan, karena metode ini merupakan instrumen/ alat yang dapat digunakan untuk meraih manfaat dari peluang yang ada. Proses ini harus sampai pada tahap memperoleh strategi dan manajemen usaha. Untuk memperloleh strategi, tentunya Saudara perlu melakukan kajian mengenai faktor penghambat dan faktor pendukung usaha. Secara teoritis, faktor penghambat terdiri dari kelemahan, dan ancaman, sedangkan faktor pendukung terdiri dari potensi dan peluang. Seluruh faktor tersebut perlu diidentifikasi, dan diformulasikan menjadi sebuah strategi usaha. Untuk membuat strategi dapat menggunakan Analisis SWOT. Manajemen usaha merupakan cara mengelola usaha dengan tujuan pemanfaatan peluang tersebut dapat dilakukan secara efisien, dan pada tahap implementasi usaha pun harus berjalan secara efisien pula. Manajemen usaha ini berdasarkan teori setidaknya terdapat 4 (empat) fungsi yang terdiri dari planning (perencanaan), organizating (pengorganisasian), actuating (pengarahan), dan controlling (pengawasan). Pada tahap ini Saudara akan memiliki bagaimana strategi untuk memanfaatkan peluang, dan bagaimana manajemen yang harus dilakukan untuk memanfaatkan peluang seoptimal mungkin, sehingga peluang yang ada dapat diraih dan memberikan keuntungan bagi Saudara.

Tahap b. Memilih salah satu ide usaha yang memiliki prospek lebih baik diantara ide-ideu usaha yang berhasil diidentifikasi

Tahapan ini merupakan serangkaian proses sebagai kelanjutan dari proses pada tahap a, pekerjaannya adalah mengeleminasi ide-ide yang telah teridentifikasi dengan indikator : (1) ide tersebut bisa dilaksanakan sesuai dengan kemampuan Saudara, (2) ide yang dapat dilaksanakan adalah ide yang memberikan keuntungan yang lebih besar. Proses eleminasi ide inovatif tersebut sebaiknya melibatkan orang lain yang kompeten, dan didasarkan pada pemikiran-pemikiran yang logis, hal ini perlu akomodir untuk mengurangi subjektivitas dala upaya memperoleh jenis usaha yang lebih prospek dan menguntungkan bagi saudara.

Sebagai saran dalam memilih ide usaha dari banyak ide yang telah Saudara inventarisir :
  1. Menggunakan metode brainstorming: untuk melaksanakan metode ini buatlah list orang-orang yang kompeten di bidang usaha, undang, dan diskusikanlah ide usaha dengan mereka, serta minta pendapatnya untuk menila usaha mana yang paling prospek.
  2. Melakukan analisis kesesuaian ide usaha dengan kemampuan den keahlian Saudara. Pilihlah jenis usaha yang lebih sesuai dengan kemampuan dan keahlian saudara.
  3. Melakukan analisis kesesuaian ide usaha dengan motivasi, pilihlah jenis usaha yang didukung oleh motivasi alamiah (bukan ego). 
  4. Melakukan analisis terhadap risiko usaha, pada tahap memulai usaha sebaiknya dipilih risiko usaha yang paling kecil. Fakta yang ada bahwa semakin besar risiko semakin besar harapan keuntungannya, sebaliknya usaha yang risikonya kecil, harapan untungnya pun kecil pula. Untuk lebih menajamkan hasil analisis sebaiknya mempelajari teori Risk and Uncertainty dan manajemen risiko.
Proses eleminasi ini sebaiknya dilakukan secara bertahap; sebagai contoh Saudara berhasil menginventarisir 12 jenis usaha, maka tahap eleminasi pertama pilih 6 jenis usaha, tahap eleminasi kedua pilihlah 3 jenis usaha, dan tahap ketiga pilih 1 (satu jenis usaha). Sebagai resumu tulisan Langkah-langkah memulai usaha dapat dilihat pada Ilustrasi di bawah ini.

 
Ilustrasi Langkah-langkah Menggali Ide Usaha




Langkah Kedua
MENCARI INFORMASI TENTANG USAHA

Langkah Ketiga
MERENCANAKAN USAHA

Langkah Keempat
MELAKSANAKAN USAHA

Langkah Kelima
MEMBUAT ANALISIS USAHA SECARA PERIODIK
Title: Langkah-langkah Memulai Usaha ; Written by cecep firmansyah; Rating: 5 dari 5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Informasi Lain dapat diperoleh dari infosato